Saturday, August 13, 2011

Trik Basmi Jamur Agar Tak Merembet


 Jamur merupakan spora yang sangat kecil dan hidup di tempat-tempat lembab dalam hunian Anda. Jamur dapat merusak furnitur rumah tangga yang bahkan berbahaya bagi kesehatan.
Pada hunian jamur umumnya menyerang dinding, plafon, dan perabotan rumah tangga yang disebabkan karena lembabnya area tersebut. Jamur yang berbentuk seperti debu melekat pada dinding serta perabotan rumah tangga, dan dalam jangka waktu dekat dapat merusak dan menyebar perabotan lainnya.
Untuk mencegah jamur pada hunian Anda, ada beberapa bisa Anda lakukan seperti berikut ini:
Fentilasi
Anda harus menyediakan fentilasi udara yang baik. Mengapa? Fentilasi udara dapat mengurangi uap air, terutama di kamar mandi dan dapur yang memiliki penguapan air tertinggi sehingga penguapan air tidak terjadi dan memicu terbentuknya jamur.
Cat antijamur
Anda sebaiknya menggunakan cat antijamur dan antikelembaban. Ini dilakukan untuk menghindari kelembaban, baik di dinding maupun perabotan kayu.
Salah letak
Mulai sekarang, ada baiknya Anda tidak meletakkan sembarangan perabotan kayu di dekat dinding luar rumah. Ini untuk menghindari kelembaban yang memicu terbentuknya jamur.
Cuka
Jika perabotan Anda sudah terkena jamur, maka gunakanlah cuka pada kain lap dan sapukan kain tersebut pada bagian-bagian yang terserang jamur secara perlahan-lahan. Ini dilakukan agar sporanya tidak beterbangan dan berkembang di tempat lain.
Untuk permukaan dinding dan kayu, Anda terlebih dahulu harus membersihkannya menggunakan deterjen dan air, kemudian barulah dibersihkan dengan memakai cuka.
Cek-ricek
Sebaiknya, seminggu sekali Anda mengecek instalasi pipa-pipa secara rutin dan berikan perhatian pada karpet pada lantai semen. Tentunya, pengawasan ini dibutuhkan secara ekstra untuk mencegah kelembaban.

0 comments:

Post a Comment