Saturday, March 31, 2012

menata rumah sempit


shutterstock
Anda bisa mengambil inspirasi dari tata ruang apartemen atau loft. Jenis hunian itu, mampu memaksimalkan ruang dalam lahan terbatas.

  - Memiliki rumah nyaman adalah impian setiap orang. Boleh jadi, tolak ukur kenyamanan terletak pada penataan ruang yang lapang. Lantas, bagaimana dengan rumah di lahan sempit?
Penataan ulang ruang dan perabot menjadi solusi efektif yang patut dicoba. Inilah saatnya si pemilik rumah berkreativitas dengan huniannya, agar setiap sudut ruang dapat difungsikan dengan optimal, meninggalkan kesan sesak atau sempit.
Anda dapat menggali sudut ruang yang awalnya "stagnan" menjadi lebih estetis dan fungsional. Ruang yang tadinya terkotak-kotak bisa dibedah menjadi satu kesatuan yang lapang dan leluasa. Misalnya saja, ruang tamu bisa diubah menjadi teras dan dioptimalkan sebagai tempat duduk-duduk di area semi terbuka.
Tak hanya itu. Anda bisa mempercantik area tersebut dengan pemilihan perabot minimalis dan tidak mudah kotor. Hal ini mengingat area tersebut ada di bagian luar rumah.
Sebagai penyejuk, Anda pun bisa "menyempilkan" kolam hias mungil di sudut halaman atau taman kecil dengan aneka tanaman hias yang dapat menyegarkan mata. Tembok yang semula menjadi penyekat ruangan, dapat digantikan dengan perabot-perabot atau kaca bertirai. Tanpa adanya fisik tembok, fungsi kedua elemen itu tetap mampu menggantikannya.
Anda pun bisa mengambil inspirasi dari tata ruang apartemen atau loft. Jenis hunian itu, mampu memaksimalkan ruang dalam lahan terbatas. Tak segan-segan, si pemilik hunian bahkan bisa menyatukan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur yang minim sekat. Di sinilah rasa artistik Anda diuji untuk dapat menemukan perabot yang proporsional, berfungsi maksimal, tanpa berkesan dominan.
Siasat lainnya, Anda dapat memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah dalam bentuk bukaan seperti skylight atau void. Kedua elemen ini juga akan membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah, dan cocok ditempatkan di ruang tengah sebagai pusat area aktivitas keluarga.
Dengan plafon tinggi, ruang tengah pun jadi lebih sejuk. Apabila rumah Anda berlantai dua, pilihlah tangga yang ringan seperti bahan plat besi ramping.
Sementara itu, warna cerah pada dinding dan tangga atau void sebagai elemen transisi lantai satu dan dua pun mampu menjadi focal point hunian mungil Anda ini. Pemberian warna yang berbeda ini juga bisa diberikan pada voyer atau selasar sebagai pembeda ruang. Sebagai sentuhan artistik, penempatan foto-foto atau lukisan dalam bingkai unik mampu menjadi penambah daya pikat.
Yuk, berkreasi, agar lahan sempit bukan lagi jadi masalah! (AJG)

0 comments:

Post a Comment