Saturday, March 31, 2012

Bermain Warna interior rumah



shutterstock
Dengan tidak diperlukan lagi aplikasi primer sebelum mengecat, waktu pengerjaan jadi lebih singkat.
 - Konsep desain yang kuat bukanlah jawaban mutlak untuk menciptakan rumah idaman. Tanpa penciptaan nuansa yang tepat, gagasan sebuah interior indah sekaligus nyaman hanya akan sebatas angan.
Mempercantik tampilan rumah ideal salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan cat yang tepat. Tepat di sini maksudnya bukan hanya dilihat dari jenis dan warna, tetapi juga dari teknologi yang dipakai dalam pembuatannya.
Kata "teknologi" memang bukan hanya pantas disematkan pada perangkat elektronik atau gadget terbaru. Cat yang terlihat sederhana pun terus dikembangkan untuk memberikan hasil maksimal.
Teknologi baru
Apakah warnanya bagus? Apakah warm bisa "keluar" dengan baik?
Pertanyaan ini mungkin yang menjadi fokus ketika mencari jenis cat. Akan tetapi, sebenarnya ada hal lain perlu dipertimbangkan, seperti faktor keamanan, kepraktisan, dan kualitas. Teknologi yang kini dikenal adalah yang menggabungkan paint dan primer dalam satu formula.
Biasanya, proses sebelum mengecat adalah pengecatan primer atau cat dasar. Pertanyaannya, seberapa pentingkah primer?
Primer merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pengecatan untuk menambah daya rekat. Dengan demikian, cat bisa diaplikasikan dengan baik dan warm pun tampil sesuai yang sesungguhnya. Teknologi ini telah berkembang lama di Amerika Serikat, karena di sana umumnya setiap orang melakukan pengecatan sendiri.
Teknologi yang memungkinkan gabungan paint dan primer ini memang memberi banyak keuntungan dari segi waktu dan biaya. Dengan tidak diperlukan lagi aplikasi primer sebelum mengecat, waktu pengerjaan jadi lebih singkat. Terlebih hal itu didukung dengan daya keringnya yang tinggi, waktu pengerjaan menjadi lebih cepat dan otomatis juga akan mengurangi biaya tukang per hari.
Hal ini juga sesuai dengan karakter masyarakat di Indonesia yang memiliki "kebiasaan" ingin melakukan renovasi rumah dalam waktu singkat serta dadakan. Terlebih ketika mendekati hari raya, mengecat rumah telah menjadi salah satu "ritual" tahunan.
Akan tetapi, mengerjakan pengecatan dalam waktu singkat dan terburu-buru ditambah jika tak didukung dengan cuaca memadai, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Alih-alih membuat rumah tampil cantik, justru mengganggu estetika lantaran adanya persoalan seperti munculnya retak rambut, cat mengelupas, atau permukaan kasar dan belang.

0 comments:

Post a Comment